AD (728x60)

Selasa, 07 Mei 2013

Android

Share & Comment


ANDROID

Pengertian Android
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Sejauh ini Android termasuk sistem operasi yang cepat sekali memperbarui software mereka. Biasanya android meng-update pada perbaikan bug serta penambahan fitur baru.Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh macam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc.,pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android tanggal 5 November 2007 Android bersama Open Handset Aliiance mengatakan mendukunga pengembangan standar terbula pada perangkat aeluler. Dilain pihak, Goole merilis kode-kode Android di bawah Lisensi Apache, sebuah peangkat lunak dan standar terbuka perngkat seluler.
Didunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendukung penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar0benar bebas distribusi =nya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal Open Handset Distribution (OHD)
Sejarah Android
Android pada mulanya adalah perusahaan kecil yang berbasis di Palo Alto, California. Perusahaan yang bernama Android, Inc ini kemudian dibeli oleh pihak Google pada tahun 2005. Beberapa orang yang masuk disana pernah bekerja di Google, seperti Andy Rubin, Pendiri Danger (perusahaan perangkat lunak), kemudian ada Rich Miner wakil pendiri Wilfire Communications, Cris White insinyur di Webtv, dan Nick Sears mantan VP di T-Mobile. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linuk. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler.

Awal Perkembangan Android Sekitar September 2007 sebuah studio melaporkan bahwa Google mengjulan hak paten aplikasi telepon seluler ( akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar muncul yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan sudah tersedia di pasaran pada tanggal 5 Januari 2010). Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program Computer Android ARM Holdings, Atheros Comunications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Hanset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat mobile yang merupakan modifikasi kernel Linuk 2.6. Sejak Android dirilis telaah dilakukan berbagai pembaharuan berupa perbaikan bug (celah atau kelemahan) dan penambahan fitur-fitur baru.
Telepon seluler atau HP pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2008. pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdaapat 18 jenis telepon seluler yang menggunaka Android.

Perkembangan Android
Android versi 1.1
Pada tanggal 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan  pembaharuan estestis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan e-mail.


Android versi 1.5 (Cupcake)
Pada petengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK  (Sofrware Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Yutube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP , kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuakan sistem.


Android versi 1.6 (Donut)
Donut (versi 1.6) dirilis pada september dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik di banding sebelumnya, penggunaan baterai indikakor dan kontrol applet VPN . Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus, kamera, camcorder dan galeri yang diintegrasikan, CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gesture, dan Text-to-speech engine, kemampuan dial kontak, teknologi text to change ( tersedia pada semua ponsel, pengadaan  resolusi VWGA.

Android versi 2.0/2.1 (Éclair)
Pada tanggal 3 Desember 2009 kembali di luncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Éclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1. Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkaat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps-aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang apliksi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik. Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug.
Sistem operasi Android dalam situs Internet juga di angap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.

Android versi 2.2 (Froyo: Frosen Yoghurt)
Pada tanggal 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kalilebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mencermatkan kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalamaplikasi Android Market.

Android versi 2.3 (Gingerbread)
Pada tanggal 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layarantar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Android Honeycombdirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuktablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transdformer produksi dari Asus. Rencana masuk pasar Indonesia pada Mei 2001.

Android versi 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich)
Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotograsi, mencari e-mail secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

Android Jelly Bean (4.1)
Android Jelly Bean lebih memofuskan fiturnya ke peningkatan User Interface yanga lebih lancar dan responsif. Di versi ini juga menandai hadirnya fitur Google Now yang memberikan saran dan rekomendasi berdasarkan data-data yang tersimpan (kontak, kalender, lokasi, dll) di Handphone

Fitur Android
Fitur-fitur yang dimiliki Android yaitu sebagai berikut:
1.      Handset Layout
Platform disesuaikan dengan lebih besar, VGA, grafik 2D perpustakaan, grafis 3D perpustakaan berdasarkan open GL ES 1,0 spesifikasi, dan tata letak smartphone tradisional.
2.      Stronge (Penyimpanan)
Software database SQLite digunakan untuk tujuan penyimpanan data
3.      Connectivity (Konektivitas)
Android mendukung teknologi konektivitas termasuk GSM/EDGE, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, dan Wi-Fi.
4.      Messaging  ( Pesan)
SMS dan MMS tersedia bentuk threaded pesan termasuk pesan teks.
5.      Web browser
Browser web yang tersedia di Android  di dasarkan pada open source Web Kit kerangka aplikasi.
6.      Java support (Dukungan Java)
Perangkat keras yang di tulis di Java dapat di komplikasi akan dieksekusi dalam Dalvik mesin virtual, yang merupakan implementasi VM yang dirancang khusu untuk perangkat mobile digunakan, meskipun tidak secara teknis standar Java Virtual Machine.
7.      Media support (Dukungan Media)
Android berikut mendukung audio /video/masih format media: H.263,  H.264 (Dalam 3GP atau MP4 wadah), MPEG-4 SP, AMR, AMR-WB (dalam kontainer 3GP), AAAC, HE-AAC (dalam MP4 atau kontainer 3GP), MP3, MIDI, OGG Vorbis, JPEG, WAV, PNG, GIF, BMP.
8.      Additional hardware support (Dukungan hardware tambahan)
Android dapat menggunakan video /still camera, touchscreens, GPS, pengukur kecepatan, maagnetmeter, akselerasi 2D bitblits (dengan hardware orientasi, scaling, konversi format piksel) dan mempercepat grafis 3D.
9.      (Development enviroment (Lingkungan pengembangan)
Termasuk perangkat emulator, tools untuk debugging, memori dan inerja profil, sebuah plugin untuk Eclipse IDE.
10. Market (Pasar)
Mirip dengan App Store pada iPhone OS, Android pasar adalah sebuah kaalig aplikasi yang dapat di download dan di instal untuk menargetkan hardware over-the-air, tanpa menggunakan PC. Awalnya hanya freeware aplikasi yang didukung. Paid untuk aplikasi telah tersedia di pasar Android Amerika Serikat sejak 19 Februari 2009.
11. Multi-touch
Android memiliki dukungan asli multi-touch tapi fitur dinonaktifkan pada level kemel (mungkin untuk menghindari Apple melanggar paten pada teknologi layar sentuh). Model tidak resmi telah dikembangkan yang memungkinkan multi-touch, tetapi membutuhkan superuser akses ke perangkat berkedip kemel yang unsigned.

Kelebihan Android antara lain:
1.    Android bersifat open source, karena bebasis Linux. Sehingga banyak developer yang ingin mengembangkan Android.
2.    Merupakan realisasi Cloud Computing, karena semua fitur Google sudah terintegrasi dengan mobile yang terpasang Android. Contact pada telepon seluler pun akan tersimpan secara otomatis pada account google.
3.    Dengan tersedianya Android Market, cara mendapatkan Android ini pun terbilang mudah.
4.    Fleksibel, karena bisa digunakan pada banyak platform hardware.
5.    Android memberikan pilihan untuk memilih Hardware yang digunakan.
6.    Android dapat menjalankan beberapa Aplikasi pada waktu bersamaan atau disebut juga multitasking.
7.    Home Screen Informatif, konsep home screen pada Android seperti windows Mobile di mana segala notifikasi dapat dipantau dari home screen. Namun Android juga menyediakan tempat bagi widget-widget notifikasi lain untuk berada di home screen. Cara ini mempermudah akses info cepat ketimbang home screen di BlackBerry ataupun iPhone.
8.    Bebas memodifikasi sistem, Android mengijinkan kamu untuk melakukan jailbreaking untuk memodifikasi sistem. Selain itu kamu juga bisa melakukan modifikasi pada ROM sistem. Ada beberapa komunikasi di internet yang menjadi wadah dan menyediakan customed ROM untuk perangkat Android.
9.    Setting yang mudah, sistem Android memang diluncurkan demi alasan kemudahan. Pengesetan ponsel berbasia OS ini untuk keperluan sehari-hari sesuai keinginan dan aktifitaspribadi bisa dilakukan dengan mudah.
10. Harga relatif murah.
11. Stabil dan tidak mudah eror atau hang.

Kekurangan Android antara lain:
1.    Kurang nyaman untuk telepon.
2.    Masih membingungkan bila pertama pakai.
3.    Tidak ada Microdoft office.
4.    Harus terkoneksi internet.
5.    Belum banyak aplikasi yang tersedia.
PERBANDINGAN ANDROID
Perbandingan Android dengan iPhone, Blackberry, Symbian, dan Windows Mobile.
Berbagai merk Handphone touchscreen (Smartphone) beredar dipasaran. Jumlah pembuatnya bertambah dari waktu ke waktu. Merek-merek terkenal Android, iPhone, Blackberry, Windows Mobile sangat digemari orang. Penulis akan lebih sedikit menjelaskan keistimewaan masing-masing merk bila dibandingkan dengan Android, yaitu sebagai berikut:

1.    Android phone
seperti yang sudah dijelaskan sebelumnyaa nama Android bukanlah merk Handphone. Itu adalah sebuah nama Operating System (OS) yang menjalankan handphone. OS ini diciptakan oleh Google sedangkan handphonenya dibuat oleh perusahan-perusahaan seperti Samsung, Motorola, Sonny Ericsson, LG, HTC. Aplikasi Android mirip-mirip iPhone. Ap yang ada di iPhone bisa ditemui juga di Android. Tetapi dalam hal jumlah dan variasi iPhone mempunyai koleksi program yang jauh lebih banyak ketimbang Android. Fungsi internet browsing pada Android lebih fleksibel, lebih bervariasi dan lebih cepat dibanding iPhoe.
2.    iPhone
iPhone adalah telepon genggam revolusioner yang diproduksi oleh Apple Inc. yang memiliki fungsi kamera, pemutar multimdia, SMS,dan voicemil. Selain itu telepon ini juga dapat dihubungkan dengan internet, untuk melakukan berbagai aktifitas misalnya mengirim / menerima email, menjelajah web, dan lain-lain. Antar muka dengan pengguna menggunakan layar sentuh multi-touch (atau biasa disebut dengan layar sentuh kapasitif) dengan papan ketik virtual dan tombol. Beberapa keunggulan dari iPhone diantaranya adanya dukungan penuh mengenai software  dan aplikasi terbaik dari Apple Inc.
3.    Blackberry
Blackberry adalah perangkat seluler yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, SMS, Menjelajah internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya, Blackberry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Blackberry mempunyai beberapa keunggulan diantaranya adalah layana push e-mail (dimana e-mail akan terhubung terus di ponsel kita layaknya sebuah sms), chatting dengan fitur Blackberry Mesengger (BBM), dan Browsing. Untuk fitur browsing dan email pada BB akan dikompresi dahulu sehingga di terimma dengan ukuran yanga lebih kecil dan lebih cepat dibuka.
4.    Symbian
Symbian OS adalah sistem operasi dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile). Symbian OS memiliki antarmuka pemprograman aplikasi API (Aplication Programming Interface). Dengan adanya standar API ini membantu pihak pengembang untuk melakukan penyesuaian atas aplikasi yang bermacam-macam. Symbian OS sendiri bukanlah software yang sifatnya open source penuh karena meskipun terdapat ketersediaan API dan dokumentasiny, yang banyak membantu pihak pengembang aplikasi untuk dapat dipublikasikan untuk umum namun tidak untuk kode source sendiri
PENGGUNAAN ANDROID
Penggunaan Android yang paling “WAW”
1.    Penggunaan Tablet Android Terbanyak
American Aielines, maskapai penerbangan Amerika, menggunakan 6000 Samsung Galaxy Tab 10 sebagai layanan hibuaran untuk penumpang pesawat mereka. Layanan itu diberikan bagi penumpang first class dan business. Sebelumnya perusahaan ini juga memberikan ribuan iPad untuk para pilot mereka.
2.    Penggunaan Android Paling Menarik
University of Southern Mississippi bekerja sama dengan Samsung untuk pemakaian 1000 Galaxy Tab 10 sebagai proyek pencontohan. Tablet tersebut akan digunakan oleh mahasiswa yang mengambil program Honor College. Dengan Gtab 10.1,pihak universitas memberikan pada mahasiswa dan pendidik mobile access ke perkuliahan,silabus,konten,e-book,nilai,jadwal,pemberitahuan darurat,dan banyak lagi.
3.    Penggunaan Android Paling Luas
Samsung Galaxy Tab bisa disebut sebagai tablet dengan jumlah unit paling banyak digunakan paling banyak digunakan oleh perusahaan rekan kerja Samsung. Namun dalam konsumen, Cisco Cius adalah perusahaan yang memanfaatkan android dengan jumlah konsumen terbesar. Saat rilis tablet Android Juli lalu,Cisco memasukkan 5 perusahaan dari berbagai bidang industri miliknya.
Nottingham University Hospital adalah salha satu contohnya. Rumah sakit itu memakai Cisco tablet dan ponsel portable IP untuk memberikan akses bagi para dokter pada perawatan pasien sehingga mempercepat kesembuhan pasien dan memperpendek waktu rawat inap. Progarm tersebut mampu menghemat 292.000 poundsterling dalam laporan tahunan keuangan mereka.
4.    Penggunaan Android Paling Ambisius
Pemilik surat kabar Philadelphia inquirer dan Daily News merencanakan menjual 2000 tablet Android untuk para konsumen 2 surat kabar itu dengan potongan harga khusus. Konsumen yang tertarik pada tablet Android itu nantinya bisa berlangganan Philadelphia Inquirer dan Daily News versi digital. Proyek ini merupakan yang pertama di Amerika karena selama ini tidak ada perusahaan yang menawarkan produk bundling dengan konten di dalamnya,demikian penjelasan CEO Greg Osberg.
Osberg mengatakan bahwa Philadelphia Inquier dan Daily News akan menjadi media paling inovatif di Amerika.Meski belum mempublikasikan berapa biaya langganan yang dibebankan pada konsumen namun rumor menyebut biaya itu tidak akan lebih dari $75/tahun.
5.    Penggunaan Android Paling Beragam
SAP AG yang dipimpim oleh CIO Oliver Bussmann menggunakan secara serentak 8.946 unit iPhone,Sasmsung Galaxy Tab dan BlackBerry Playbooks. Anaka tersebut tercata pada September ini dan dipastikan akan terus bertambah. Tahun lalu SAP AG yang merupakan perusahaan software solutions itu hanya memanfaatkan BlackBerry smartphone dan kini telah memanfaatkan lebih banyak produk dari beragam produsen.
6.    Penggunaan Android Dengan Tujuan Jangka Panjang
Penjaga pantai Amerika atau Coast Guard telah menyetujui penggunaan iPhone dan smartphone Android dalam jumlah besar untuk para anggotanya yang bertugas dilepas pantai. Hal yang masih dalam proses persetujuan oleh Angkatan Laut dan Marinir. Sementara Angkatan Darat Amerika masih mempelajari perangkat mobile apa yang paling tepat digunakan dalam medan pertempuran,termasuk didalamnya mencari aplikasi smartphone dan tablet Android yang bisa mendukung network di medan perang. Selain itu departemen Veteran Amerika juga telah memanfaatkan iPad dan tablet Android. Sementara BlackBerry playbook tercatat sebagai tablet pertama yang telah mendapatkan sertifikat FIPS dan dinyatakn lolos uji oleh pemerintah federal Amerika.
Sampai saat ini jumlah perusahaan dan lembaga yang memanfaatkan smartphone dan tablet Android semakin membesar. Tentu saja tujuan dari perusahaan tersebut berbeda satu sama lain. Yang pasti,keberadaan Android melalui smartphone dan Android telah memudahkan banyak pihak untuk bekerja membantu sesama. 
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Content

Recent Posts

  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.

Why to Choose RedHood?

Follow us :
Herry Effendy
Copyright © the fantastic | Designed by Templateism.com