AD (728x60)

Minggu, 05 Mei 2013

APLIKASI INTERNET UNTUK BISNIS

Share & Comment

APLIKASI INTERNET UNTUK BISNIS

2.1. Internet  dan E-business
Internet membawa perubahan cukup besar terhadap bisnis dan melahirakn istilah yang disebut e-business. Kotler (2003) menedefenisikan e-buisiness sebagai “penggunaan alat dan platform elektronis untuk melakukan bisnis perusahaan”.secara lebih jelas. O’Brien (2001) mendefenisikan sebagai “pengunaan teknologi – teknologi internet untuk menghubungkan dan memberdayakan proses bisnis, perdagangan elektronis, dan komunaksi serta kolaborasi didalam sebuah perusahaan dan dengan para pelanggan, pemasok, dan mitra bisnis yang lain”. Sebagaimana tersirat dalam defenisi e-business di depan, e-business mencakup tiga bagian yaitu
2.1.1 Sistem komunikasi dan kolaborasi
Di dalam sistem komunikasi dan kolaborasi perusahaan, para anggota tim kerja dapat melakukan koordinasi, komunikasi, dan kolaborasi dengan menggunakan teknologi seperti surat elektronik, system chat, dan bahkan videokonferensi
2.1.2 Sistem bisnis internet
Sistem bisnis internet digunakan untuk melayani proses dan bisnis secara internal. Dengan menggunakan seperti ini, seorang manajer yang sedang bepergian dapat mengakses basis data perusahaan yang terdapat pada serverdengan mudah.
Dengan menggunakan sistem seperti ini, seorang manajer yang sedang bepergian dapat mengakses basis data perusahaan yang terdapat pada server dengan mudah. Beberapa hal lain yang bisa ditangani melalui sistem bisnis internal adalah sebagai berikut:
          Pemrosesan transaksi secara internal: misalnya pesanan penjualan dapat dimasukanOleh pemasar jarak jauh
          Portal perusahaan, yaitu sarana informasi berbasis web yang ditujukan secara khusus untuk pegawai perusahaan bersangkutan.
          Pemantauan aktivitas dalam perusahaan.
          Pengendalian proses
          Sistem Pendukung Manajemen.
2.1.3 Perdagangan elektronis
Perdagangan elektronis atau e-commerce adalah segala bentuk kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa, dan informasi yang dilakukan secara elektronis. E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
·         E-mail dan Messaging
·         Content Management Systems
·         Dokumen, spreadsheet, database
·         Akunting dan sistem keuangan
·         Informasi pengiriman dan pemesanan
·         Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
·         Sistem pembayaran domestik dan internasional
·         Newsgroup
·         On-line Shopping
·         Conferencing
·         Online Banking
Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.
Ruang Lingkup E-Commerce
Business to Business (B2B): menyatakan bentuk jual beli produk atau jasa yang melibatkan dua atau beberapa perusahaan dan dilakukan secara elektronis. Umumnya perusahaan-perusahaan yang terlibat adalah pemasok, distributor, pabrik, toko, dll. Kebanyakan transaksi berlangsung secara langsung antara dua system
Aplikasi e-commerce B2B yang melibatkan katalog elektronik, pertukaran, dan pangsa pasar pelelangan yang menggunakan website dan portal Internet, intranet, dan ekstranet untuk menyatukan pembeli dan penjual
Banyak portal e-commerce B2B dibangun dan dioperasikan untuk berbagai industri oleh perusahaan pihak ketiga marker-marker yang disebut infomediaries, yang mana boleh mewakili konsortium dari perusahaan utama.
E-commerce B2B juga meliputi aplikasi seperti pertukaran data elektronis, yang mana secara otomatis melakukan pertukaran dokumen bisnis di Internet.


Keuntungan B2B:
1.   Mempercepat transaksi antara penjual dan pembeli
2.   Menurunkan biaya transaksi kedua belah pihak
3.   Menciptakan pasar baru tanpa dibatasi oleh wilayah geografis.
4.   Meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antara penjual dan pembeli.


Business to Consumer (B2C): bentuk jual beli produk yang melibatkan perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan secara elektronis. Perusahaan-perusahaan terkenal yang melayani B2C anatara lain adalah dell(www.dell.com), Cisco(www.cisco.com) dan Amazon (www.amazon.com).
Melibatkan interaksi dan transaksi antara sebuah perusahaan dengan para pelanggan. Keunggulan B2C dibandingkan dengan penjualan konvensional melalui toko fisik adalah memungkinkan layanan selama 24 jam

Situs
Jenis Produk
Barang: buku, musik, video, permainan, barang elektronik
Barang: komputer dan periferal
Barang: peralatan jaringan
Barang : Kesehatan dan kecantikan

B2C banyak diminati oleh para pemakai internet karena pembelian produk dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Selain itu, umumnya harga produk lebih murah dan konsumen bisa membayar dengan kartu seperti Master Card dan Visa Card.







Consumer to Consumer (C2C): menyatakan model perdagangan yang terjadi antara konsumen dengan konsumen yang dilakukan secara elektronis. Situs seperti eBay(www.ebay.com) menyediakan sarana yang memungkinkan orang- orang dapat menjual atau membeli barang diantara mereka sendiri.
Consumer to Business (C2B):bisnis yang berbasisikan konsumen ke pebisnis. Sebagai contoh Priceline.com merupakan situs yang memungkinkan sesorang menjual rumah ke perusahaan ini. Dalam hal ini internet dapat digunakan sebagai sarana untuk negoisasi.

2.2 E - Intermediary(Ebert dan Griffin, 2003)
Intermediary adalah (perantara yang berbasis internet)para anggota saluran distribusi internet yang melakukan salah satu atau du fungsi berikut:
1.      Mereka mengumpulkan informasi tentang para penjual dan menyajikannya dalam bentuk praktis kepada para konsumen
2.      Mereka membantu  menyalurkan produk-produk internet ke konsumen
Tiga macam e-intermediary:
1.      Penjualan Bersindikat : sebuah situs wub yang menawarkan hubungan kepad konsumen ke situs-situs web yang lain dan atas jasa ini web yang menghubungkan ke web lain akan mendapatkan komisi. Hubungan dibentuk melalui iklan(banner ad) yang dipampangkan dalam halaman web. Konsumen akan dihubungkan ke web bersangkutan sekiranya mengklik gambar iklan tersebut
2.      Agen Pembelanjaan(e-agent): merupakan suatu situs web yang membantu para konsumen dengan memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi yang diperlukan konsumen dalam rangka membuat pembelian. Perantara seperti ini umumnya tidak memiliki produk. Yang menjadi fokus perantara ini adalah menyediakan informasi dari sejumlah situs web yang lain yang menjual produk yang dicari konsumen. Sebagai contoh PriceSCAN(www.pricescan.com) merupakan e-agent terkenal untuk mencari informasi tentang komputer dan berbagai produk lain beserta harga.
3.      Makelar Bisnis ke Bisnis: makelar bisnis-bisnis tidak memiliki produk. Perantara ini menyediakan sarana komunikasi antar pebisnis. Sebagai contoh.Edfex(www.edfex.com) menyediakan informasi yang sangat baru tentang produk dan harga yang berasal dari para pemasok dan pembeli.


2.3 Intranet dan Extranet
Intranet adalah jaringan komputer dalam sebuah perusahaan yang menggunakan teknologi Internet, sehingga terbentuk lingkungan yang seperti Internet tetapi bersifat privat bagi perusahaan bersangkutan.
Extranet adalah jaringan privat yang menggunakan teknologi Internet dan siste.n telekomunikasi publik untuk membentuk hubungan yang aman antara pemasok, vendor, mitra kerja, pelanggan, dan pihak bisnis lainnya d clam rangka mendukung operasi bisnis atau pengaksesan informasi bisnis.



2.4 Nilai Bisnis Internet
Dewasa ini banyak perusahaan yang memanfaatkan situs-situs perdagangan elektrolis. Berbagai alasan yang mendasari langkah tersebut adalah :
1. Menghasilkan pendapatan baru melalui penjualan online.
2. Memperkecil biaya melalui penjualan dan dukungan pelanggan secara online.
3. Menarik pelanggan baru melalui pemasaran dan iklan Web dan penjualan secara online.
4. Membuat produk-produk baru agar segera bisa diakses melalui Web.

2.5 Original Virtual
Original Virtual adalah suatu jaringan organisasi yang independen yang dihubungkan melalui teknologi informasi dengan tujuan untuk mengeksploitasi peluang pasar dengan berbagi ketrampilan, biaya, dan akses pasar.




2.6  Penjual Bindisikat
            Penjual Bindisikat adalah sebuah situs web yang menawarkan hubungan kepada konsumen ke situs-situs Web lain atas jasa ini Web yang menghubungkan ke Web lain akan mendapatkan komisi. Hubungan di bentuk melalui iklan yang di pangpangkan dalam halaman Web. Konsumen akan di hubungkan ke Web bersangkutan sekiranya mengklik gambar iklan tersebut.
2.7  Agen Pembelanjaan
            Agen pembalanjaan merupakan situs Web yang membantu para konsumen dengan memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi yang di perlukan konsumen dalam rangka membuat keputusan pembelian. Perantara seperti ini umumnya tidak memiliki produk. Yang menjadi fokus perantara ini adalah menyediakan informasi dari sejumlah situs Web yang menjual situs produk yang di cari konsumen, contohnya PriceScan.






2.7  Makelar Bisnis-ke-Bisnis
            Seperti halnya e-agent, makelar bisnis-ke-bisnis tidak memiliki produk. Perantara ini menyidiakan sarana komunikasi antarpebisnis. Sebagai contoh, Edfex menyediakan informasi yang sangat baru tentang produk dan harga yang berasal dari pemasok dan pembeli.

2.8  M-commerce dan Teknologi WAP
M-commerce adalah bentuk penjualan dan pembelian produk yang dilakukan melalui peranti seperti telepon seluler atau PDA. Teknologi yang mendasari M-commerce adalah WAP (Wireless Application Protocol).

Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Content

Recent Posts

  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.

Why to Choose RedHood?

Follow us :
Herry Effendy
Copyright © the fantastic | Designed by Templateism.com